INFORMASI

Berita Bea Cukai

TINGKATKAN PENDAYAGUNAAN IT INVENTORY, BEA CUKAI GELAR SOSIALISASI

Selasa, 9 Juli 2019 by. Tim Humas

TINGKATKAN PENDAYAGUNAAN IT INVENTORY, BEA CUKAI GELAR SOSIALISASI

Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memberikan berbagai kemudahan pada pengusaha salah satunya berupa pemberian fasilitas Kawasan Berikat yang lebih lanjut diatur dalam PMK-131/PMK.04/2018 dan Peraturan Dirjen BC nomor PER-19/BC/2019. Dalam peraturan tersebut, setiap perusahan penerima fasilitas ini diwajibkan untuk mendayagunakan teknologi informasi untuk pengelolaan pemasukan dan pengeluaran barang (IT inventory). Menindaklanjuti hal ini, Kanwil BC Jatim II menggelar sosialisasi mengenai IT Inventory pada puluhan pengguna jasa, Rabu (19/06).

Diungkapkan oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Koento Wijanarko, acara ini merupakan upaya dari Kanwil BC Jatim II untuk memberikan pemahaman yang sama mengenai IT Inventory kepada seluruh perusahaan KB dan KITE, mengingat kondisi awal hasil monitoring IT Inventory pada perusahaan KB masih jauh dari kondisi yang diharapkan.

“Dengan pemahaman yang sama, nantinya proses pemberian bimbingan teknis dan asistensi kepada perusahaan KB untuk melakukan perbaikan IT Inventory dalam jangka waktu s.d. Oktober 2019 akan memberikan hasil yang positif terhadap perbaikan IT Inventory pada masing-masing Kawasan Berikat,” ungkapnya.

Sejalan dengan Koento, Kakanwil BC Jatim II, Agus Hermawan, menekankan bahwa pendayagunaan IT Inventory merupakan suatu kewajiban mutlak dan tidak bisa ditawar. Untuk itu, ungkap Agus, DJBC telah menetapkan time schedule bulan pembinaan dan penegakan IT Inventory, dimana bulan November ditetapkan menjadi batas akhir penyelesaian perbaikan IT Inventory. “Untuk itu saya harap, hari ini dimaksimalkan. Semua perusahaan pemahamannya sama. Sehingga di bulan November nanti seluruh perusahaan di bawah Kanwil BC Jatim II bisa dapat kategori A,” ujar Agus.

Kegiatan yang dihadiri oleh 17 perusahaan Kawasan Berikat dan 1 perusahaan pengguna fasilitas KITE ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV Bea Cukai Pasuruan, Danang Seno Bintoro, yang sekaligus bertindak sebagai pemateri. Acara kemudian diakhiri dengan penggalian informasi serta coaching clinic tentang kondisi IT Inventory dari masing-masing perusahaan.


Related Post

SINERGI KANWIL PAJAK JAWA TIMUR III DAN KANWIL BEA CUKAI JAWA TIMUR II OPTIMALKAN PENERIMAAN NEGARA TAHUN 2017
Apel Khusus Hingga Kirab Obor, Kanwil BC Jatim II Peringati Hakordia 2019
Warna-Warni Dialog Kinerja Organisasi
Bea Cukai Berikan Fasilitas Gudang Berikat Pertama di Blitar