INFORMASI

Berita Bea Cukai

BC Jatim II mengembangkan Koperasi Syariah

Senin, 30 Juli 2018 by. Tim Humas

BC Jatim II mengembangkan Koperasi Syariah

Malang (31/05), Tugas seorang pimpinan terhadap bawahannya tidak terbatas hanya di dunia saja, namun sampai pada kehidupan di akhirat kelak. Dan setiap pemimpin pasti akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya. Inilah yang menjadi inspirasi bagi Kakanwil DJBC Jatim II menyelenggarakan Pembinaan Mental Kepada Seluruh Pegawai untuk menerapkan Badan Koperasi yang syariah dan bebas dari praktek riba di Kanwil DJBC Jatim II. Bertempat di Aula Kanwil DJBC Jawa Timur II program inipun diselenggarakan dengan mengundang Pembicara yang ahli dibidangnya. Tema kali ini yang diangkat yaitu Fiqih Muamalah dan Perkoperasian dengan pembicara Dr. Ahmad Djalaluddin Lc MA.

Sebelum menjelaskan apa yang dimaksud Koperasi Syariah,Ustads Ahmad menjelaskan apa yang dimaksud Filosofi Bisnis atau Muamalah dalam agama islam, “bisnis itu bukan sekedar mencari dunia, bagi pedagang bukan cuman sekedar mencari lapak dan bagi produsen bukan cuman sekedar mencari efisien tapi bisnis itu dalam rangka mencari surga” ucap ahmad.

Selanjutnya Ahmad melanjutkan kriteria-kriteria akad serta peruntukannya dalam menjalankan perjanjian jula beli sehingga dalam berbisnis agar terbebas dari riba,  dalam akad yang paling penting adalah kejujuran sehingga masyarakat bisa lebih paham dalam menjalankan akad apa saja yang bisa digunakan dalam perjanjian jual belinya.

Kegiatan ini diharapkan bisa memberi pemahaman kepada pegawai khususnya kepada pengurus Koperasi Kanwil BC Jatim II dalam menjalankan tugasnya agar setiap transaksi yang dilakukan oleh seluruh pegawai bebas dari riba dan mendapat ridho dari Alllah SWT.

 


Related Post

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kanwil BC Jatim II Kedatangan Tamu
Awali Maret 2020, Kanwil BC Jatim II Gelar Apel Hingga DKO
PERSIAPAN PENSIUN ASN, TASPEN SOSIALISASIKAN PRODUK UNGGULAN
Wajah-Wajah Baru pada Apel di Tahun Baru 2020