INFORMASI

Berita Bea Cukai

CIDUK RUMAH, BC SITA RIBUAN ROKOK ILEGAL

Jum'at, 9 Maret 2018 by. Tim Humas

CIDUK RUMAH, BC SITA RIBUAN ROKOK ILEGAL

Malang (27/02), Petugas Bea Cukai  Kanwil Jatim II berhasil menyita barang ilegal berupa Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (rokok). Penggrebekan terjadi di sebuah rumah yang dijadikan tempat penimbunan rokok ilegal, beralamat di Jalan Semayang No. C-1 D-14 Keluatahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

“Penindakan ini berawal dari laporan masyarakat yang menyatakan adanya kegiatan bongkar muat rokok yang disinyalir ilegal dan hasil analisa intelijen. Atas informasi tersebut petugas melakukan pendalaman lebih lanjut didaerah tersebut. Setelah informasi dianggap A1 , Selasa Pagi (27/02) petugas bergerak ke lokasi yang diduga sebagai tempat penyimpanan rokok ilegal. Sesampainya di lokasi petugas Bea Cukai langsung menggrebek dan melakukan pemeriksaan terhadap rumah tersebut. Setelah dilakukan penggeledahan petugas menemukan  puluhan ribu bungkus rokok ilegal siap edar, ratusan lembar pita cukai yang diduga palsu serta ratusan lembar kemasan rokok”, jelas Kakanwil Bea Cukai Jatim II Agus Hermawan.

Agus menambahkan modus yang dilakukan pelaku adalah modus lama yaitu tempat penimbunan sengaja ditempatkan di pemukiman warga agar dapat bersembunyi dari pengawasan petugas. Dari penindakan ini berhasil diamankan 246.401 bungkus rokok ilegal,  8.000 batang rokok ilegal, 500 lembar pita cukai (75.000 keping) yang diduga palsu dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 760.806.000,-.

Selain itu, petugas Bea Cukai juga berhasil menyita sarana pengangkut yang diduga digunakan sebagai alat transportasi dan distribusi rokok ilegal tersebut.

“Dalam penindakan ini petugas juga berhasil mengamankan 1 orang pelaku yang sampai saat ini masih dimintai keterangan untuk dilakukan pengembangan kasus berdasarkan keterangan pelaku, pelaku melanggar Pasal 55 Undang-undang No. 39 Tahun 2017 tentang Cukai”, imbuh Agus


Related Post

PEMBUKAAN DTU KESAMAPTAAN ANGKATAN II TA 2017
Sukuk Ritel SR012, Investasi Sambil Bangun Negeri
BC Jatim mendapatkan penghargaan dari FORMASI
Ukir Sejarah, BC Jatim II terbitkan Izin KITE